Senin, 16 Maret 2009

PERANGKAT LUNAK DALAM OTOMOTIF


Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, kita harus tahu dulu apa itu perangkat lunak ?? Menurut Bapak Azuwir, bahwasanya perangkat lunak/software harus ada PROGRAM, DATA & DOKUMEN. Memang bener, lalu dari statement tersebut saya kembangkan lagi dan saya cari-cari di internet tentang apa itu Software. Dan hasilnya adalah :
  • 1. secara umum, perangkat lunak adalah program komputer yang apabila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja yang diinginkan.
  • 2. stuktur data yang memungkinkan program memanipulasinya secara proporsional.
  • 3. merupakan dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program. Dikatakan menggambarkan operasi dan kegunaan program karena dokumen digunakan sebagai rekapan untuk melakukan perubahan-perubahan di kemudian hari.
Temen-temen semua,,ternyata software itu bukan hanya berhubungan dengan komputer saja. Namun software juga ada di dalam dunia otomotif, hanya untuk mendapatkan software tersebut user atau perusahaan harus memesan terlebih dahulu karena distribusi software tersebut terbatas untuk kalangan tertentu. Kemudian Perangkat lunak mempunyai peranan tertentu, diantaranya :
1. Sebagai produk, yaitu melakukan transformasi informasi yang memproduksi, mengatur, memodifikasi, menampilkan atau memancarkan informasi.

2. Sebagai kendaraan, yaittu sebagai pengantar perangkat lunak lain, sebagai kontrol komputer, komunikasi informasi dan kontrol terhadap piranti lingkungan.

Nah peran perangkat lunak dalam dunia otomotif diantaranya ada yang namanya :

  • Adaptive Gearbox Control (AGC)
Adalah Sistem Transmisi atau Persneling Otomatis yang digunakan pada BMW. Prinsip kerja AGP akan selalu mememori perilaku si pengemudi. Misalnya, Jika pengemudi berkeinginan mengutamakan akselerasi atau tarikan yang lebih cepat, maka injakan pedal gas yang dilakukan oleh pengemudi tersebut akan di memorikan dan diteruskan ke Gearbox untuk mengatur perpindahan gigi yang di inginkan si pengemudi.

Dengan demikian, Karakteristik dari mobil akan ditampilkan perpindahan gigi model Sporti. Jika ingin kenyamanan dalam berkendara, maka perintah yang diberikan gearbox adalah berupa perpindahan gigi yang lembut tanpa adanya hentakan-hentakan.

  • Active Suspension System
Merupakan sistem suspensi dengan kendali elektronis yang kegunaannya bisa secara otomatis mengatur kekerasan suspensi, bergantung kepada kebutuhanya. yang menjadi masukan kendali adalah ketidakkrataan jalan, kecepatan kendaraan, berat kendaraan total, dan pengereman. Alat pemantau kondisi masukkan iti akan memberikan datanya kepada micro-processor, disebut sebagai ride control unit, yang akan menggerakan sistem aktuator elektris penyetel peredam kejut (shock absorber). tingkat penyetelannya bisa soft, medium, dan firm/sport/rally.

Mungkin haya itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai sistem software dalam dunia otomotif, semoga anda puas dan berkesan dengan apa yang saya tuliskan tsb. Oia,,,artikel saya ini terilhami oleh kang Zein. Alamat webnya saya lupa lagi, berhubung link nya ke-close. Sekali lagi Mohon Maaf. Namun kalau nanti saya sudah menemukan kembali web nya, maka akan saya tampilkan di artikel saya ini.


TERIMA KASIH

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Home Improvement.